Pemerintah Pusat Tambah Anggaran untuk Warga Miskin agar Dapat Bantuan Ini

PASURUAN – Untuk lebih mempercepat raihan UHC secara Nasional, pemerintah pusat juga menambah anggaran untuk warga miskin yang mendapatkan Penerima Bantuan Iuran Negara (PBIN). Awal tahun ini ditambah sebanyak 108 ribu warga dari Pasuruan dan Probolinggo sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Debbie mengatakan, untuk kepesertaan BPJS Kesehatan selain dari Penerima Upah (PU) dan Bukan Penerima Upah (BPU) yang dibiayai secara mandiri oleh peserta. Pemerintah juga memberikan JKN yang dibiayai oleh pemerintah pusat dan daerah. Namun untuk mempercepat realisasi UHC, awal tahun ini ada tambahan dari pusat untuk kepesertaan dari anggaran pusat.

“Sebelumnya untuk peserta yang dibiayai pusat secara nasional ada sebanyak 92,4 juta sampai akhir tahun lalu, kemudian ditambah lagi sebanyak 4,4 juta tambahan nasional per awal tahun ini,” terangnya.

Dari tambahan tersebut, untuk BPJS Kesehatan Pasuruan yang meliputi Pasuruan-Probolinggo mendapatkan kuota sebanyak 108 ribu. Tambahan kuota ini sudah mulai diberikan sejak Januari lalu dan saat ini sedang proses untuk penerima PBIN di Pasuruan dan Probolinggo.

Menurut Debbie, untuk PBIN ini diberikan kepada warga masyarakat yang memang tidak mampu. Tergetnya, semua sudah mendapatkan kartu BPJS Kesehatan sampai pertengahan Februari mendatang. (eka/fun)