Cek Jalur Perlintasan KA di Pasuruan untuk Antisipasi Kecelakaan

PASURUAN – Keselamatan pengguna armada kereta api (KA) mendapatkan atensi khusus dari Daerah Operasional (Daop) 9 Jember. Mereka rutin melakukan pengecekan jalur KA setiap pekan. Tujuannya, demi kenyamanan dan keselamatan pengguna KA.

Seperti yang terjadi Minggu (10/2), Daop 9 Jember melakukan pengecekan jalur KA rute Pasuruan sepanjang 12,5 kilometer. Fokus utama dalam pengecekan ini adalah pemeriksaan kondisi rel, wesel atau alat pemindah jalur dan persinyalan.

Manajer Humas Daop 9 Lukman Arif mengungkapkan, panjang jalur KA aktif di wilayah Daop 9 Jember sepanjang 261 kilometer. Sementara jumlah stasiun sebanyak 33 stasiun.

“Rute yang kami cek pun berbeda-beda. Kami juga melakukan pengecekan pada fasilitas pelayanan yang ada di stasiun. Ini, untuk pelayanan yang semakin baik pada pengguna KA,” katanya.

Lukman menyebut, di samping melakukan pengecekan kondisi tersebut, pihak Daop 9 Jember juga rutin melakukan pengujian tentang pemahaman peraturan perjalanan KA kepada petugas penjaga perlintasan. Serta pengatur perjalanan KA di setiap stasiun.

Menurutnya, hal ini bukannya tanpa alasan. Pengecekan ini sangat penting untuk meminimalisasi kecelakaan akibat human error. Selain itu, Daop 9 berharap masyarakat yang selalu percaya dengan menggunakan KA sebagai sarana transportasi semakin puas.

“Apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan. Pengecekan pada jalur KA harus rutin kami lakukan. Demi kenyamanan pengguna KA,” jelasnya. (riz/fun)