Hari Ini Jaksa KPK Siapkan Tuntutan untuk Baqir

PASURUAN – Persidangan Muhamad Baqir, terdakwa penyuap Wali Kota Pasuruan nonaktif Setiyono bakal memasuki babak baru. Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK telah menyiapkan tuntutan untuk Direktur CV Mahadhir tersebut.

Sebagaimana dijadwalkan, sidang akan kembali digelar di PN Tipikor Surabaya hari ini. Dalam sidang kali ini beragendakan pembacaan tuntutan oleh JPU KPK. Itu, setelah JPU KPK menghadirkan beberapa saksi dalam sidang sebelumnya.

Jeda sidang lanjutan kali ini, terbilang lebih lama dibandingkan dengan sidang-sidang yang digelar sebelumnya yang hanya berjeda sepekan. Namun, kali ini berselang tiga pekan dari sidang pemeriksaan saksi, pada 21 Januari lalu.

“Kami minta kelonggaran waktu kepada majelis hakim. Karena hasil keterangan saksi-saksi yang dihadirkan dalam persidangan, masih perlu kami konsultasikan dengan pimpinan,” kata JPU KPK Kiki Ahmad Yani.

Hal itu pula yang disampaikan Kiki kepada Ketua Majelis Hakim I Wayan Sosiawan saat sidang pemeriksaan saksi yang menghadirkan Setiyono, 21 Januari lalu. Setelah itu, majelis hakim sempat berembuk untuk mempertimbangkan permintaan JPU.

“Kalau dua pekan, maka sidang ditunda hingga 4 Februari. Namun, salah satu anggota majelis ada yang cuti. Sehingga, sidang bisa digelar kembali 11 Februari,” kata Wayan.

Menanggapi keputusan majelis hakim, Kiki pun tak merasa berkeberatan. Pihaknya langsung mengiyakan. Karena dengan begitu pihaknya juga memiliki banyak waktu untuk menyiapkan materi yang diperlukan dalam sidang pembacaan tuntutan untuk Baqir.

“Tentu dari kami tidak ada keberatan. Karena dengan jeda waktu ini, kami bisa lebih siap dalam menyiapkan materi tuntutan,” jelasnya.

Dalam sidang perdananya, Muhamad Baqir didakwa pasal 5 ayat 1a, pasal 5 ayat 1b, dan terakhir pasal 13 UU Nomor 20/2001 tentang Perubahan atas UU Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (tom/fun)