Kemenag Datangkan Petugas Imigrasi untuk Paspor CJH

KRAKSAAN – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo memastikan jika 924 calon jamaah haji (CJH) sudah membuat paspor. Bahkan, Kemenag sendiri yang memfasilitasi pembuatan paspor dengan mendatangkan petugas imigrasi, Kamis (7/2).

Hal itu disampaikan Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Probolinggo Taufiq. Ia mengatakan, para CJH yang bakal berangkat tahun ini sudah diberi pemberitahuan. Termasuk mereka sudah mengurus pembuatan paspornya.

“Setelah kami cek, hampir semua CJH yang bakal berangkat tahun ini sudah mengurus parpornya. Hanya ada sekitar 115 calon jamaah yang belum,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo.

Sebanyak 115 CJH yang sebelumnya belum mengurus paspor telah diundang ke kantor Kemenag. Guna mengurus paspor sekaligus foto. Sehingga, seluruh CJH yang bakal berangkat tahun ini sudah mengurus pembuatan paspornya.

“Ada 115 calon jamaah yang mengurus pembuatan paspor di kantor Kemenag, saat petugas imigrasi kami datangkan. Sehingga, sekarang semua CJH sudah membuat paspor,” terangnya.

Disinggung batas waktu penyerahan paspor CJH? Taufiq mengatakan, penyerahan paspor paling lambat sampai waktu pelunasan. Sampai saat ini, pihaknya masih belum mendapatkan surat resmi dari Kementerian Agama RI ataupun Kanwil Jatim, terkait jadwal pelunasan bagi CJH.

Namun yang pasti, bagi CJH yang bakal berangkat tahun ini diharapkan untuk menyiapkan pelunasannya. Sehingga, saat ada surat jadwal pelunasan, bisa langsung membayar pelunasan. “Penyerahan paspor saat pelunasan BPIH. Untuk pengumuman BPIH masih belum ada surat resmi dari Kemenag atau Kanwil Jatim,” terangnya. (mas/hn/mie)