Pemeriksaan Kesehatan CJH Kota Probolinggo di 4 Puskesmas

KANIGARAN – Hingga pertengahan Februari, kuota Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Probolinggo tahun 2019 masih sekitar 164 orang. Artinya, tidak ada penambahan ataupun yang mengundurkan diri.

Mereka sudah menjalani pemeriksaan. Berupa vaksinisasi dan influenza. Sementara untuk miningitis, akan dilakukan menjelang pelunasan, sekitar Maret.

Kasi Haji dan Umrah pada Kemenag Kota Probolinggo Haris Hikmawan mengatakan, untuk perlengkapan dokumen paspor sudah 98 persen. “Sampai saat ini jumlahnya tetap, tidak ada penambahan ataupun yang mengundurkan diri,” terangnya.

Selain mempersiapkan dokumen CJH, Kemenag Kota Probolinggo telah melakukan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di empat puskesmas.

Adapun pemeriksaannya berupa pemberian vaksin atau vaksinasi serta influenza. Disinggung masalah jumlah pembayaran, pria yang akrab isapa Haris menyebutkan bahwa biaya yang dikenakan kepada tiap CJH tahun 2019, Rp 35 juta. “Tidak ada perubahan seperti tahun sebelumnya yaitu sekitar Rp 35 juta sekian,” bebernya.

Berkaitan dengan penambahan jumlah kuota CJH dari luar, masih menunggu kuota nasional. Biasanya menjelang jadwal pemberangkatan, kuota nasional akan disebar ke beberapa daerah. (rpd /rf)