PMI Kabupaten Pasuruan Pastikan Stok Darah Aman

BANGIL – Persediaan darah di Kabupaten Pasuruan dipastikan mencukupi untuk kebetuhan beberapa hari ke depan. Hingga saat ini, ratusan kantong darah berhasil dikumpulkan.

Humas Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Pasuruan, Soni Sumarsono mengatakan, stok darah masih melimpah. Bahkan jumlahnya cenderung bertambah. Meski ada permintaan, namun jumlah yang masuk tak kalah banyaknya.

Ia mencatatkan, jumlah kantong darah yang ada di UTD PMI Kabupaten Pasuruan saat ini mencapai 387 kantong. Jumlah tersebut terbagi untuk golongan A sebanyak 105 kantong; golongan B sebanyak 141 kantong; golongan O sebanyak 108 kantong dan golongan AB sebanyak 33 kantong.

“Jumlah itu, bisa terus bertambah. Karena, masih ada beberapa agenda donor darah sepanjang bulan ini. Perkiraan, ada 700 kantong darah yang bisa kami himpun bulan ini,” tukasnya.

Ia menambahkan, stok darah yang ada saat inu, aman untuk beberapa hari ke depan. Karena rata-rata, permintaan darah cenderung stagnan. Berkisar antara 30 kantong hingga 40 kantong perharinya.

“Persediaan kantong darah kami, sangat aman. Kami pastikan, tidak sampai ada kekurangan,” pungkasnya. (one/fun)