Wuzzz…… 11 Pohon di Kota Pasuruan Tumbang

PURWOREJO-Cuaca ektrem yang melanda Kota Pasuruan Minggu petang (10/2) menyebabkan sejumlah pohon di wilayah perkotaan tumbang. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun, hal ini sempat membuat arus lalu lintas (lalin) menjadi terganggu.

Total, ada11 pohon tumbang akibat angin kencang yang melanda Kota Pasuruan minggu petang. Rinciannya, di Jalan Slagah, Jalan Belitung, Jalan Panglima Sudirman (Pangsud), Taman Kota, Jalan Sumatra, Alun-Alun Timur dan Pemkot setempat. Masing-masing sebanyak satu pohon.

Lalu, Jalan Margo Utomo dan Jalan Pahlawan sebanyak dua pohon. Pohon tumbang ini terjadi sekitar pukul 19.00. Cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat sempat kesulitan dalam melakukan evakuasi.

Proses evakuasi memakan waktu tiga jam. Dan, baru rampung pukul 22.00. Khusus untuk pohon tumbang di kantor Pemkot Pasuruan, baru dievakuasi Senin pagi (11/2) sekitar pukul 08.00 dan rampung pukul 10.00.

Kalaksa BPBD Kota Pasuruan, Yanuar Afriansyah membenarkan adanya sejumlah pohon yang tumbang di wilayah perkotaan. Belasan pohon ini tumbang karena diterjang angin yang bertiup sangat kencang. Selain itu, usia pohon memang sudah tua.

“Alhamdulillah, proses evakuasi berjalan lancar dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. kami bakal berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Petamanan (DLHKP) Kota Pasuruan agar pohon yang membahayan untuk dikepras,” ungkap Yanuar. (riz/mie)