APBD Kab Probolinggo Dapat Tambahan Rp 18,6 M dari Provinsi

KRAKSAAN – Tahun 2019 ini, Pemkab Probolinggo mendapatkan bantuan keuangan (BK) sekitar Rp 18,6 miliar dari Pemprov Jatim. Anggaran BK Pemprov Jatim itu paling besar diperuntukkan kegiatan bidang pendidikan.

Data yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo menyebutkan, anggaran BK Pemprov Jatim itu untuk peningkatan pendidikan sekitar Rp 7,5 miliar. Dan, di bidang kesehatan sekitar Rp 3,5 miliar.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Kabupaten Probolinggo Santiyono menjelaskan, pagu BK Pemprov Jatim itu dimasukkan dalam pergeseran anggaran melalui Peraturan Bupati (Perbup) Probolinggo. Sebab, anggaran diperoleh saat tahun anggaran 2019 sudah berjalan.

”Pagu BK itu disampaikan melalui surat edaran soal pagu BK Pemprov Jatim. Dan, kami terima setelah APBD 2019 Kabupaten Probolinggo disahkan dan ditetapkan. Karena itu, anggaran BK Pemprov Jatim itu cukup dimasukkan di pergeseran anggaran dengan penetapan Perbup,” katanya.

Dijelaskan Santiyono, jatah BK Pemprov yang diperoleh itu sekitar Rp 18,6 miliar. Dari anggaran itu, sekitar Rp 7 miliar untuk kegiatan fisik. Sedangkan sisanya, dialokasikan untuk kegiatan lainnya.

Seperti peningkatan pendidikan dialokasikan Rp 6,7 miliar. Khususnya untuk bantuan penyelenggaraan pendidikan diniyah dan guru swasta (BPPDGS). Selain itu, ada juga pemenuhan honor 125 orang perawat Ponkesdes selama 12 bulan yang mencapai sekitar Rp 2,1 miliar.

”Juga untuk peningkatan infrastruktur yang sesuai petunjuk dari Pemprov, besarnya sekitar Rp 7 miliar,” terangnya. (mas/hn)