Awal Tahun, Pulangkan 15 Anjal, 7 Diantaranya dari Luar Daerah

DIAMANKAN: Anjal yang diamankan pada 2 Februari di Pandaan. Mereka sudah dipulangkan ke daerah asalnya, termasuk ke Banjar, Kalimantan Selatan, Senin (11/2). (Dinsos for Radar Bromo)

Related Post

KEJAYAN – Awal tahun ini, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten sudah memulangkan 15 anak jalanan (anjal). Dari jumlah itu, delapan di antaranya berasal dari Kabupaten Pasuruan dan tujuh dari luar daerah.

Wahyu Widodo, Kasi Pelayanan Rehabilitas Sosial di Dinsos Kabupaten Pasuruan mengatakan, selama Februari ini, sudah ada 10 anjal yang dibawa ke Rumah Singgah Bina Hati. “Termasuk kemarin (11/2, Red), salah satu anjal kami serahkan ke keluarga di Banjar, Kalimantan Selatan. Kami bekerja sama dengan Dinsos Provinsi untuk memulangkan anjal yang dari Kalimantan,” terangnya.

Razia anjal ini, rutin dilakukan Satpol PP. Pada Februari ini, ada 10 anjal yang diserahkan ke Dinsos. Mereka diamankan dari traffic light Taman Dayu, Pandaan. Dari razia tersebut, tercatat 6 anjal berasal dari Pasuruan dan empat dari Surabaya, Kalimantan Selatan dan Indramayu, Jawa Barat.

Sedangkan dalam awal tahun, Mulai Januari-Februari, ada 15 anjal yang diamankan. Wahyu mengatakan bahwa 7 anjal sudah dikembalikan ke keluarganya di Pasuruan. Mulai dari Winongan, Purwosari, Pasrepan, Pandaan, dan Purwodadi. Sedangkan yang dari luar kebanyakan dari Surabaya, Malang, dan Kalimantan.

Gunawan Wicaksono, Plt kepala Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan mengatakan, kebanyakan anjal punya masalah keluarga atau keluarga kurang harmonis.”Karena kurang perhatian, akhirnya mengikuti pergaulan yang salah sehingga menjadi anak jalanan. Dengan dikembalikan ke keluarga, harapannya anjal ini tidak lagi turun ke jalan,” tuturnya. (eka/hn)