Pergantian Kadispendukcapil Kab Pasuruan yang Sakit, Tunggu Proses Ini

PURWOREJO – Pemkab Pasuruan dipastikan segera mengangkat kepala baru Dispendukcapil. Sebab, bupati sudah menerima surat tentang persetujuan pergantian Kepala Dispendukcapil turun dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendag) RI.

“Sudah ada surat persetujuan dari Kemendag RI tentang usulan kami untuk segera mengganti kepala Dispendukcapil. Sehingga, dalam waktu dekat akan segera diganti,” terang Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Senin (11/2) di Kantor Pemkab Pasuruan.

Saat ini menurutnya, Pemkab tinggal menunggu surat izin pelantikan saja. Jika turun hari ini (Senin, 11/2, Red.), dipastikan Bupati Pasuruan segera mengganti dan melantik kepala baru Dispendukcapil.

“Kalau turun besok (Selasa, 12/2, Red), saat itu juga langsung kami lantik yang baru. Sebab, memang sudah mendesak untuk pelayanan ke masyarakat,” terangnya.

Layanan Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan memang terus dikeluhkan masyarakat. Terutama sejak akhir tahun 2018. Sebab, banyak layanan kependudukan tak kunjung selesai.

Penyebabnya, Kepala Dispendukcapil saat ini, Sunyono sedang sakit. Sehingga, layanan tak bisa maksimal. Sebab, semua layanan Dispendukcapil wajib ditandatangani oleh kepala dinas.

Di sisi lain, Bupati Pasuruan yang baru dilantik September 2018, dilarang melakukan mutasi atau pergantian pejabat sampai 6 bulan setelah dilantik.

Karena itu, Pemkab mengajukan ke Kemendag RI untuk menggantik pejabat di Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan. Dan kepastian tersebut sudah turun dua hari lalu. Kini, Pemkab Pasuruan tinggal menunggu surat izin pelantikan pejabat yang baru. (eka/hn)