Sembilan Jabatan Eselon II di Kota Pasuruan Diisi Plt

PASURUAN – Jumlah pejabat eselon II di lingkungan Pemkot Pasuruan, semakin berkurang. Itu, seiring dengan bertambahnya pejabat yang memasuki masa purnatugas. Pada awal 2019, giliran Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Suhari yang pensiun.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Pasuruan Fendy Krisdiyono mengatakan, Suhari memasuki masa purnatugas sejak Januari 2019. Karenanya, posisinya masih diisi oleh pelaksana tugas (Plt).

“Per 1 Februari, Pak Suhari sudah pensiun. Posisi kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sekarang dijabat Plt. Yakni, Bu Siti Maryam,” ujarnya.

Siti Maryam sebelumnya merupakan sekretaris Dispendukcapil Kota Pasuruan. Menurut Fendy, jabatan Plt itu akan berlangsung hingga Pemkot Pasuruan menentukan pejabat definitif. Sama halnya dengan jabatan eselon II yang lain.

Selain kepala Dispendukcapil, terdapat delapan jabatan eselon II yang juga diisi Plt. Di antaranya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan; kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB; Inspektur; dan kepala Satpol PP. Kemudian, kepala Dinas Kesehatan; kepala Dinas Kominfo dan Statistik; kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan; dan staf Ahli Sosial Budaya dan SDM.

Fendy mengatakan, untuk mengisi kursi pejabat definitif sembilan jabatan eselon II itu harus melalui tahap lelang. Namun, pihaknya belum memastikan waktu dan tahapannya. Sejauh ini masih diproses Badan Kepegawaian Daerah. “Persyaratan dan kualifikasinya mengacu pada PP Nomor 11/2017 tentang Manajemen PNS,” ujarnya. (tom/rud)