90 Menit Gelar Razia di Exit Tol Gempan, Tilang 38 Kendaraan

PANDAAN – Razia keselamatan dan ketertiban (kestib), Rabu pagi (13/2) digelar di exit tol Gempol-Pandaan (Gempan). Tepatnya di simpang empat Taman Dayu, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan.

Berlangsung sekitar 90 menit, 38 kendaraan ditilang. Razia itu melibatkan lintas instansi. Mulai Dishub Provinsi Jatim dan Kabupaten Pasuruan. Lalu CPM Pasuruan dan Satlantas Polres Pasuruan.

Petugas gabungan memeriksa kendaraan barang dan angkutan orang yang melintas di exit tol Gempan. Mulai dari bus, pikap, truk, kontainer, truk tempel atau truk gandeng dan lainnya.

“Jumlah kendaraan yang kami periksa selama razia kestib berlangsung, ada 218 kendaraan baik barang dan angkutan orang. 38 diantaranya ditilang atau ditindak,” jelas Digdyo, Kasi Wasdal Dishub Kabupaten Pasuruan.

Saat melintas, masing-masing kendaraan tersebut diperiksa petugas gabungan. Mulai dari kelengkapan administrasi dan teknis. Juga surat-surat yang dimiliki seperti SIM, STNK, buku uji KIR dan surat trayek.

“Paling banyak pelanggaran SIM, kemudian mati uji, laik jalan dan penyimpangan trayek. Saat itu juga langsung disanksi tilang bagi yang melanggar, baik oleh dishub maupun polisi,” katanya.

Digdyo menyebutkan sengaja giat ini digelar, untuk meminimalisir pelanggaran kendaraan angkutan barang dan orang. Selain itu, untuk meminimalisir kecelakaan. (zal/mie)