Bawaslu Kembali Bersih-bersih APK di Jalan Protokol

PROBOLINGGO – Bawaslu Kota Probolinggo kembali melakukan penertiban terhadap Alat Peraga Kampanye (APK) yang melanggar. Selasa (12/2) serentak di 5 Kecamatan, APK-APK yang melanggar ditertibkan.

Seperti yang terpantau Jawa Pos Radar Bromo, penertiban dilakukan di sepanjang ruas jalan protokol seperti Jalan Panglima Sudirman dan Soekarno-Hatta. Penertiban juga melibatkan skywalker milik Dinas Perhubungan Kota Probolinggo.

“Hari ini penertiban APK dilakukan serentak di 5 kecamatan. Termasuk juga di ruas jalan protokol,” ujar Samsun Ninilouw, Koordinator Divisi Penindakan, Bawaslu Kota Probolinggo.

Penertiban ini juga akan menjangkau APK-APK yang dipasang di lokasi tinggi. Sehingga Bawaslu juga melibatkan skywalker milik Dinas Perhubungan. Penertiban juga dilakukan terhadap ucapan-ucapan selamat atas pelantikan wali kota dan wakil wali kota baru.

“Prinsipnya dalam SE Bawaslu 1190, pada poin 6, alat peraga yang tidak memenuhi unsur kampanye, namun dipasang di lokasi terlarang tetap harus ditertibkan. Misalnya ada ucapan selamat yang bergambar Caleg, tapi dipasang di Jalan Panglima Sudirman, tetap harus ditertibkan. Meskipun di alat peraga itu hanya terdapat gambar dan ucapan selamat saja,” ujarnya.

Selain menertibkan APK di jalan-jalan, Bawaslu juga menertibkan APK yang ditempatkan di fasilitas publik. Seperti di Taman Semeru, Taman Maramis serta yang terpasang di pohon-pohon dan tiang listrik.

“Yang diikat ke tiang listrik kami turunkan. Begitu juga yang dipaku atau diikat kawat ke Pohon juga kami turunkan,” ujarnya. Selain menurunkan APK, Bawaslu juga menurunkan sejumlah bendera partai Politik yang ada di jalan protokol. (put/fun)