Diduga Genset Korslet, Toko Mebel di Mastrip Dilalap Api

KEDOPOK – Gudang mebel kayu milik Eko Hartono Setiawan, 41 di Jl Mastrip, Gang Langsep, RT 4/RW 3, Kelurahan Jerebeng Wetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo dilalap si jago merah, Selasa malam (12/2). Kebakaran itu diduga terjadi lantaran genset setempat alami korsleting.

Kebakaran itu terjadi sekitar pukul 21.30. Menurut Eko, awalnya kawasan setempat alami listrik padam. Eko pun lantas menyalakan gensetnya.

Selanjutnya, Eko meninggalkan gensetnya dalam keadaan hidup untuk membeli solar sebagai bahan bakar genset. Pasca membeli bahan bakar, Eko dibuat kaget. Ia sudah melihat ada kobaran api yang menjilati mebel kayu miliknya.

Dengan dibantu warga sekitar, Eko berusaha memadamkannya dengan alat seadanya. Selang beberapa menit kemudian, dua unit mobil pemadam kebakaran (damkar) mendatangi lokasi kejadian.

Api lantas berhasil dijinakkan beberapa menit kemudian. “Kalau untuk kerugian saya tidak tahu pak, paling berkisar Rp 20 juta-an,” terangnya.

Kebakaran itu juga jadi perhatian Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin. Ia nampak hadir ke lokasi untuk memantau pemadaman api.

Nanang, salah satu petugas Damkar menjelaskan, kebakaran cepat dikendalikan karena lokasi bangunan tak sulit dijangkau. “Setidaknya dua puluh menit waktu yang dibutuhkan untuk memadamkan dan juga melakukan pembasahan agar api tidak muncul kembali,” jelasnya. (rpd/mie)