4 Ribu Saluran Rumah Jargas Baru di Kabupaten Probolinggo Segera Dipasang

TONGAS – Pemkab Probolinggo memastikan, tahun ini akan terpasang 4.000 saluran rumah (SR) jaringan gas (jargas) di dua kecamatan. Yaitu, Kecamatan Tongas dan Sumberasih.

Kini, proses program jargas itu masih dalam tahap lelang konstruksi di Kementerian ESDM. Ditargetkan, akhir bulan Maret program jargas sudah mulai dikerjakan konstruksinya.

Jumlah itu, menurut Santoso, Kabag Administrasi Perekonomian dan SDA Sekretariat Kabupaten Probolinggo, sebenarnya tidak sesuai dengan yang diajukan pemkab. Menurutnya, sesuai rencana tahun lalu, program jargas bakal terealisasi tahun ini. Meskipun jumlah SR jargas yang terealisasi tahun ini tidak sesuai dengan pengajuan.

”Kami ajukan 10 ribu SR jargas. Sebanyak 10 ribu SR itu sudah disurvei dan layak. Tapi, ternyata terealisasi 4 ribu SR jargas. Sisanya, direalisasikan di program jargas tahap berikutnya. Bisa melalui P-APBN 2019 atau APBN 2020,” katanya.

Santoso menjelaskan, program jargas ditargetkan mulai dikerjakan akhir bulan Maret. Kini, masih tahapan lelang konstruksi oleh Kementerian ESDM. Saat proses lelang selesai, baru bisa mulai dikerjakan konstruksi pemasangan 4.000 SR jargas.

”Kalau soal nilai alokasi anggaran untuk konstruksi empat ribu jargas itu ada di ranah Kementerian ESDM. Kami hanya pendampingan dan sosialisasinya,” terangnya.

Sesuai rencana awal, menurut Santoso, Pemkab akan mendukung program jargas ini. Mulai dari support perizinan oleh pemkab, sosialisasi, sampai perbaikan infrastruktur sebagai dampak dari pemasangan jargas SR.

”Program jargas ini menghindari kros rel kereta api, sungai, dan jalan nasional. Jadi risikonya, harus mencarikan titik jalur yang tidak melalui tiga tadi. Yaitu, dengan lewat jalan-jalan desa atau jalan kabupaten,” terangnya. (mas/hn)