Bangun Kios Kuliner-Cenderamata di P 30, Pemkab Siapkan Anggaran Miliaran

DRINGU – Tahun ini fasilitas di puncak P 30 bakal ditambah fasilitas. Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo berencana membangun sebuah kios kuliner dan cenderamata. Sedikitnya, anggaran sebesar Rp 1,1 miliar sudah disiapkan.

Hal tersebut diungkapkan Musa Kasi Destinasi Wisata Disporaparbud. Dia mengatakan, pembangunan itu saat ini masih dalam tahap perencanaan. Menurutnya, pembangunannya akan dilakukan pada triwulan kedua.

“Masih dalam tahap perencanaan. Untuk pembangunan tentunya menunggu lelang. Anggarannya kan besar jadi harus melalui mekanisme lelang,” ungkapnya.

Menurut Musa, kios yang akan dibangun itu sekitaran puncak P30. Yaitu berjarak sekitar 10 meter dari puncak. Tentunya, itu dibangun bukan tanpa pertimbangan. Sebab, pembangunan diatas itu adalah tempat pemberhentian pengunjung yang akan ke P 30.

“Kami sudah mempertimbangkan hal tersebut. Karena itu merupakan tempat pemberhentian, maka di situ kami bidik,” terangnya.

Kios yang akan dibangun itu sejumlah 8 buah. Nantinya, setelah selesai kios kuliner dan cenderamata itu akan diperuntukkan kepada warga setempat yang berminat untuk mengisi. Tentunya, dikenakan retribusi. Sebagai upaya untuk pemeliharaan kios.

“Kalau gak kena retribusi siapa yang mau merawat. Jadi ongkos perawatan diambilkan dari retribusi,” jelasnya.

Musa juga menjelaskan, dana itu merupakan dana yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Besarannya Rp 1,115 milyar dan seluruhnya untuk pembangunan kios kuliner dan cenderamata.

“Kalau di bawah mungkin tidak sampai segitu. Tetapi, karena lokasinya yang berada di puncak bukit makanya butuh dana banyak,” terangnya. (sid/fun)