Dua Kontainer Kotak Suara Tiba, Langsung Diamankan di Gudang KPU

PAJARAKAN – Surat suara pemilu 2019 di Kabupaten Probolinggo sudah mulai datang. Selasa (12/2) malam lalu, surat suara itu datang dengan di antar oleh dua kendaraan kontainer. Kedatangan suarat suara yang pertama ini yaitu surat suara DPR-RI dan juga DRPD Provinsi.

Datangnyaa surat suara pemilu tersebut dibenarkan Sudarso, Kasubag Umum KPU setempat. Dia mengatakan, kedatangan surat suara itu sekitar pukul 23.00 Selasa lalu. Kedatangan surat suara ini adalah yang pertama yang diterima oleh KPU.

“Sudah datang untuk surat suara yang akan digunakan nyoblos pada 17 April mendatang,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Menurutnya, dari 5 surat suara yang akan digunakan pada pemilu 2019, pihaknya baru menerima surat suara untuk DPR-RI dan DPRD Provinsi saja. “Yang datang hanya sebagian. Untuk sisanya nanti menyusul,” terangnya.

Ia merinci, untuk surat suara yang datang itu ada sekitar 1.850 dus. Itu terbagi antara DPR-RI dan juga DPRD Provinsi. Semua surat suara itu dimasukan ke gudang KPU yang ada di ruko Jalan Raya Pajarakan, timur kantor DPRD setempat.

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo, hingga Rabu (13/2) siang sekitar pukul 13.00 surat suara itu belum juga selesai belum selesai diturunkan dari kontainer. Petugas masih menurunkan yang satu kontainer.

Sudarso melanjutkan, untuk surat suara calon Presiden, DPD dan DPRD Kabupaten, pihaknya masih menunggu konfirmasi dari perusahaan pemenang tender untuk pendistribusiannya. Sehingga, pihaknya masih belum tau kapan akan didistribusikan.

“Masih menunggu konfirmasi lanjutan. Sebab, jika sudah akan dikirim maka akan dikonfirmasi terlebih dulu,” tandasnya.

Dari 1.850 dos surat suara untuk DPR-RI dan DPRD Provinsi itu apakah sudah cukup memenuhi kuota hak pilih yang ada di Kabupaten Probolinggo? Sudarso mengatakan sudah mencukupi. Namun, menurutnya pihaknya masih akan mengecek kembali perihal surat suara yang telah datang itu.

“Hanya tinggal melakukan pengecekan terhadap surat suara. Apakah ada yang rusak dan cacat. Jika ada surat suara yang rusak dan cacat kami akan mengembalikan surat suara yang rusak dan cacat itu,” jelasnya. (sid/fun)