Personel Saber Sampah Tak Ditambah, DLH Sebut Sudah Cukup

PASURUAN – Keberadaan tim sapu bersih (saber) sampah di Kota Pasuruan dinilai sudah cukup untuk menjamin kebersihan kota. Karena itu, Pemkot Pasuruan belum berencana menambah jumlah personelnya untuk tahun ini.

Sejauh ini, tim yang dibentuk sejak 2017 silam itu beranggotakan 15 orang. Ia menyebut, jumlah personel yang dilibatkan dalam tim saber sampah sudah mencukupi kebutuhan.

“Hasil evaluasi kami sejauh ini tim saber sampah sudah memenuhi kebutuhan kalau dari segi kuantitas SDM. Jadi belum ada rencana penambahan personel,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan Kota Pasuruan, Rudiyanto.

Meski begitu, penambahan personel tim saber sampah itu tak menutup kemungkinan dilakukan untuk ke depannya. Apalagi, dengan semakin bertambahnya tumpukan sampah setiap tahunnya.

“Namun kami juga mendorong agar masyarakat turut aktif dalam menjaga kebersihan. Tidak hanya mengandalkan tim saber sampah. Dengan tumbuhnya kesadaran akan lingkungan, maka pengentasan sampah juga semakin ringan,” jelasnya.

Setiap harinya, tim saber sampah terus berkeliling untuk memberantas sampah-sampah yang kian menumpuk. Mereka ditugaskan untuk bekerja secara shift. Pagi hari misalnya, tim dikerahkan untuk menyisir kawasan kota sejak pukul 09.00. Kemudian, tim lainnya akan bergilir membersihkan sampah pukul 14.00.

“Terutama untuk membersihkan sampah-sampah yang memenuhi jalanan protokol. Seperti Jalan Panglima Sudirman, Wahidin Sudirohusodo maupun sekitar Alun-alun,” tandasnya. (tom/fun)