Ajukan Bantuan Alat Pertanian ke Pusat, Wujudnya Berupa Ini

DRINGU- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo berencana akan mengajukan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada Kementerian Pertanian (Kementan). Bantuan itu ditujukan untuk membantu patani agar lebih maksimal dalam berusaha tani.

Hal itu diungkapkan Kepala DKPP setempat Ahmad Hasyim Asyari. Menurutnya, ada lima jenis alsintan yang akan dijuakan kepada Kementan. Yaitu mulai dari traktor roda dua, cultivator, pompa air 4 dim, pompa air 3 dim dan juga handspayer elektrik.

“Sesuai permintaan dari pada menteri pertanian yang pada bulan lalu datang ke Probolinggo, kami mendata apa saja yang akan diajukan. Ini sudah jadi dan jumlahnya ada ratusan,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Menurutnya, dari lima bantuan alsintan yang akan diajukan kekementan itu jumlahnya tidak sama. Seperti halnya traktor roda dua, pihaknya mengajukan sekitar 100 unit, traktor roda cultivator sekitar 50 unit, pompa air 4 dim sekitar 100 unit, pompa air 3 dim sekitar 50 unit dan yang paling banyak yaitu handsprayer elektrik sekitar 200 unit.

“Beda-beda. Sesuai dengan kebutuhan para petani. Sebab, kami ajukan tentunya melihat kondisi dilapangan. Apa yang sangat dibutuhkan oleh petani kami ajukan,” terangnya.

Menurutnya, alsintan yang diajukan itu adalah yang banyak berguna kepada pertanian jagung, padi, bawang merah dan juga cabai. Pasalnya, selama ini Kabupaten Probolinggo terkenal dengan produk pertanian tersebut. Apalagi, komoditi pertanian itu juga cukup berperan besar terhadap ketahanan pangan ditingkatan nasional.

“Karenaya agar bisa produksi lebih maksimal lagi, kami ajukan banuan itu. Dengan harapan bisa disetujui semuanya,” tuturnya.

Jika nantinya lsintan itu telah datang, akan diberikan kepada para petani melalui kelompok tani. Dengan syarat mereka harus menggunakan bantuan itu dengan baik dan dirawat. Selain itu juga tidak boleh dijual. “Tidak boleh dijual. Ini demi peningkatan produksi pertanian yang ada di akbupaten probolinggo,” tegasnya. (sid/fun)