Sering Timbulkan Macet, Satpol PP Tegur Pedagang Musiman di Wonorejo

DITEGUR: Petugas Satpol PP Kabupaten Pasuruan menegur pedagang buah durian musiman yang berjualan di bahu jalan Wonorejo, Kamis (14/2) pagi. (Foto: Satpol PP Kabupaten Pasuruan for Radar Bromo)

Related Post

WONOREJO – Makin banyak saja pedagang buah musiman yang berjualan di bahu jalan di sejumlah titik di Kecamatan Wonorejo. Keberadaan mereka sering bikin macet. Karena itu, petugas Satpol PP Kabupaten Pasuruan meminta mereka pindah.

Salah satunya, pedagang buah durian musiman. Sejak sebulan terakhir, mereka berjualan di bahu jalan Desa Pakijangan, Kecamatan Wonorejo arah ke Malang.

“Memang karena pedagangnya musiman, jadi saat musim durian ini marak yang berjualan di bahu jalan dengan mobil-mobil pikap,” terang Yudha Tri Widya Sasongko, kepala Satpol PP Kabupaten Pasuruan.

Pihaknya pun meminta mereka pindah ke lokasi yang lebih aman dan lebih representatif. Sebab, berjualan di bahu jalan melanggar Perda Nomor 2/2017 tentang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat.

DICATAT: Selain ditegur, Satpol PP juga mencatat identitas penjual. (Foto: Satpol PP for Jawa Pos Radar Bromo)

Apalagi dengan kondisi arus lalu lintas Kota Pasuruan ke arah Malang yang cukup ramai. Keberadaan mereka sering membuat macet. Terutama saat ramai pembeli yang parkir kendaraan di sekitar bahu jalan.

Tercatat setidaknya ada 5-10 pedagang yang beberapa kali berjualan di situ. “Karena memang musiman jadi pedagangnya juga berganti dan berpindah-pindah. Tapi, kurang lebih ada 5 sampai 10 pedagang durian,” terangnya.

Kamis (14/2), petugas Satpol PP pun memberikan teguran pertama untuk pedagang agar tidak lagi berjualan di bahu jalan. Nantinya mereka akan terus dipantau. Jika sampai teguran ketiga tetap berjualan di sana, mereka akan disanksi. (eka/fun)