Dua Atlet Menembak Kota Pasuruan Siap Ikuti Seleknas

PASURUAN – Dua atlet penembak asal Kota Pasuruan bakal mengikuti seleksi nasional yang digelar PB Perbakin di Lapangan Tembak Gelora Senayan, Jakarta Selatan. Ajang seleksi itu terbilang cukup bergengsi, sebab atlet penembak yang lolos berkesempatan untuk bertanding di kancah internasional dalam Sea Games Manila Philipine 2019.

Sebelumnya, Perbakin Kota Pasuruan mengirimkan empat atlet penembaknya untuk mengikuti Seleksi Daerah yang digelar Pengprov Jatim pada 2 hingga 3 Februari lalu. Mereka berjuang untuk dua nomor pertandingan berbeda. Yakni Mixed Silhouette Air Rifle IMMSU Rule dan Mixed Benchrest Air Rifle WRABF Rule.

Namun, hasil selekda tersebut hanya menentukan Cindy Eka Savitri dan Pavel Avrielion yang unggul dalam nomor pertandingan Mixed Silhouette Air Rifle IMMSU Rule. Keduanya menempati posisi tertinggi dengan nilai 300. Dengan hasil itu, keduanya berkesempatan mengikuti seleksi nasional selama delapan hari sejak 18 Februari mendatang.

Ketua KONI Kota Pasuruan, Sugeng Pradikto menjelaskan pembinaan atlet yang dilakukan selama ini memang berjenjang. Hal itu pula, kata Sugeng, yang mengantarkan atletnya ke tingkat yang lebih tinggi. Khusus untuk pembinaan atlet penembak, mulai dilakukan intensif sejak Puslatcab yang digelar Desember lalu.

“Kami juga tetap mengarahkan agar mereka tetap mengikuti kejuaraan terbuka selama ada kesempatan. Itu menjadi salah satu poin untuk menambah jam terbang. Selain itu dengan mengikuti kejuaraan-kejuaraan menjadi semacam try out terhadap hasil latihan selama ini,” ungkap Sugeng.

Sementara, Ketua Perbakin Kota Pasuruan Dedy Cahyo Purnomo mengaku optimistis kedua atletnya bisa bertarung dalam seleksi nasional. Menurutnya, potensi kedua atletnya untuk lolos memang cukup besar. Hal itu juga didasari dengan hasil seleksi daerah dengan capaian nilai cukup tinggi dibandingkan daerah lainnya. (tom/fun)