Estimasi Bisa Tambah 10 Ribu Buku dari Anggaran Rp 50 Juta

PURWOREJO – Pemkot terus berupaya melengkapi koleksi buku di Perpustakan Daerah (Perpusda) Sekargadung, Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo. Pemkot berencana menambah jumlah koleksi sebanyak 30 ribu secara bertahap.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kota Pasuruan, Evawati mengungkapkan jumlah buku yang dimiliki Perpusda dinilai masih kurang. Pihaknya menargetkan Perpusda masih membutuhkan minimal 30 ribu judul buku baru.

Ia menyebut jumlah buku di Kota Pasuruan sebenarnya sudah ideal. Sebab, idealnya dengan penduduk antara 200.000 sampai 300.000, daerah tersebut harus memiliki minimal 7.500 buku. Dan saat ini, Kota Pasuruan sudah memiliki 18.000 buku.

“Sebenarnya sudah lebih dari cukup. Cuma Perpusda ini kan diharapkan menjadi motor penggerak cinta baca di masyarakat Kota Pasuruan juga sebagai jujukan utama bagi yang membutuhkan referensi. Otomatis, ya masih sangat butuh tambahan lagi,” jelasnya.

Eva -sapaan akrabnya- menjelaskan DPA sudah mendapatkan anggaran sebesar Rp 50 juta untuk pengadaan buku baru melalui APBD tahun ini. Namun, anggaran ini diperkirakan hanya bisa digunakan untuk membeli sekitar 5.000 sampai 10.000 buku baru.

“Jadi masih belum cukup untuk memenuhi target kami sebanyak 30.000 buku. Insya Allah, kami bakal memenuhinya secara bertahap. Apalagi animo kunjungan ke Perpusda kami lihat semakin meningkat dan baik,” pungkasnya. (riz/fun)