Pemkab Ajukan Lahan untuk Jual Produk UKM di Rest Area Tol Mapan

PANDAAN – Seiring proses pembangunan tol Mapan yang ditargetkan akhir Maret mendatang operasional, Pemkab Pasuruan juga mengambil langkah. Disperindag Kabupaten Pasuruan mengajukan tempat untuk memasarkan produk industri kecil menengah (IKM) asal kabupaten ini. Pengajuan tersebut sudah dilakukan ke PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) selaku pengelola sekaligus investor ruas jalan tol tersebut.

“Suratnya sudah kami ajukan ke PT. JPM sekitar dua bulan lalu, saat ini belum ada jawaban dan masih menunggu,” kata kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan Edy Suwanto.

Lebih lanjut Edy sapaan akrabnya mengatakan, pengajuan tempat untuk IKM diharapkan bisa menempati lahan rest area yang ada di ruas jalan tol ini. Tepatnya di Desa Sumbersuko, Kecamatan Purwosari.

“Paling tidak kami difasilitasi sekaligus terealisasi. Setahu kami, sesuai aturan dan ketentuan yang ada, rest area itu 70 persen untuk bisnis, sisanya 30 persen untuk IKM atau UKM daerah setempat,” ungkapnya.

Terpisah, pengajuan tempat untuk pemaran produk UKM dibenarkan Agus Tri selaku humas PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM). Surat pengajuan IKM di rest area dari Disperindag Kabupaten Pasuruan sudah diterima. Surat tersebut juga sudah diteruskan lagi ke Jasamarga Properti, anak perusahaan PT Jasamarga yang khusus mengelola rest area di semua ruas jalan tol.

“Keputusannya belum turun, saat ini masih ditampung dan akan dibahas lebih lanjut. Karena rest areanya sendiri belum dibangun, kini dalam proses perencanaan desain. Untuk lahannya ada dan lumayan luas,” tukasnya. (zal/fun)