Pemuda Maron Kidul Diamankan usai Jambret Pegawai Honorer di Kraksaan

PAJARAKAN – Hari-hari Septian Rahman, 22, kini harus dilalui di balik jeruji tahanan. Ini setelah pemuda asal Dusun Krajan RT 17/RW 04 Desa Maron Kidul, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, menjambret sebuah HP milik warga Sidoarjo di Desa Sukomulyo, Kecamatan Pajarakan, Jumat siang (15/2).

CLOSE UP: Tersangka Septian Rahman. (Mukhamad Rosyidi/Jawa Pos Radar Bromo)

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, kejadian penjambretan yang dilakukan pelaku terjadi pukul 13.00. Saat itu, korban yakni Annisa Raitsa, 23, warga Sidoarjo yang bekerja sebagai honorer di Dinas Kesehatan, baru keluar dari kantor Pemda setempat. Korban yang seorang diri, mengendarai motor menuju ke tempat kerjanya kantor Dinkes.

Rupanya, saat itu korban sudah dibuntuti sejak keluar dari gedung pemkab. Beberapa meter dari melaju dari arah belakang, korban dipepet oleh pelaku yang menggunakan motor Honda Beat warna hitam nopol S 6115 PK. Tidak lama kemudian tangan pelaku langsung mengambil smartphone buatan Tiongkok milik korban yang ditaruh di dashboard motornya. Beruntung, saat itu korban tidak terjatuh.

Namun, smartphone korban sempat dibawa pelaku yang kabur ke arah barat. Tahu barangnya dijambret, korban lalu berteriak. Sehingga, memancing warga sekitar untuk mengejar pelaku. Bahkan warga beramai ramai mengejar pelaku bersama dengan korban.

“Jadi korban langsung berteriak saat HPnya dibawa pelaku. Kemudian warga langsung mengejar pelaku ke arah barat,” ujar Ipda Kurdi, Kanitreskrim Polsek Pajarakan saat dikonfirmasi.

Kejar-kejaran antara pelaku terjadi cukup jauh. Namun upaya itu berhasil. Pelaku berhasil dibekuk di sekitar Jalan raya Pajarakan, tepatnya di Desa Sukomulyo. “Saat dibekuk, pelaku tidak sampai dimassa. Pelaku diamankan dan diserahkan ke polsek,” tuturnya. Menurutnya, saat itu pelaku berhasil diamankan beserta barang buktinya yaitu smartphone milik korban.

Karena lokasi kejadian masuk wilayah Kecamatan Kraksaan, maka kemudian pihaknya melimpahkan pelaku beserta barang buktinya ke Polsek Kraksaan. “Kami limpahkan sesaat itu juga,” tandasnya. (sid/fun)