Tol Malang-Pandaan Seksi I Tinggal Sisakan Finishing di Bagian Ini

SUKOREJO – Lanjutan pekerjaan fisik pembangunan ruas jalan tol Malang-Pandaan kini masih dikebut. Tak terkecuali di seksi satu yang berada di wilayah Kabupaten Pasuruan. Di seksi yang berada di Pandaan hingga Purwodadi tersebut, kini sudah 98 persen.

“Seksi satu pekerjaan fisiknya hampir rampung total, tinggal sedikit saja yang belum dan sekarang sedang dikerjakan. Lebih cepat progresnya dibandingkan dengan empat seksi lainnya,” ucap Agus Tri, humas PT Jasamarga Pandaan Malang.

Untuk yang belum tuntas, Agus menyebut, pekerjaan konstruksinya menyisakan finishing jembatan penyeberangan orang (JPO) dan overpass di luar main road atau jalur utama. Lebih tepatnya seperti pengaman pagar, perapian ujung-ujung JPO dan overpass. “Akhir bulan ini sisa pekerjaan tersebut ditargetkan tuntas. Saat ini terus dikebut di lapangan. Untuk ruas jalan dan sarpras lainnya sudah beres semua,” tuturnya.

Disinggung kapan ruas jalan tol ini operasional, kata Agus, pihaknya belum bisa memastikan. Hanya saja jika dilihat dari target kalender kerja, dijadwalkan pertengahan atau akhir Maret mendatang.

Final kepastiannya, masih kata Agus, tunggu konstruksi fisik tuntas keseluruhan dari seksi satu hingga lima. Sejauh ini di seksi dua sudah 93 persen, seksi tiga 96 persen, seksi empat dan lima masing-masing 66 persen dan 28 persen.

“Karena seksi empat dan lima konstruksi fisiknya progresnya belum banyak, minimal operasional ruas jalan tol ini diagendakan seksi satu hingga tiga dulu. Untuk empat dan lima bisa menyusul,” jelasnya. (zal/fun)