KPU Kota Pasuruan Baru Terima Dua Jenis Surat Suara Pemilu 2019

PASURUAN – Kebutuhan logistik untuk pelaksanaan Pemilu 2019 mulai dipersiapkan. Sabtu (16/2), KPU Kota Pasuruan telah menerima seratusan ribu surat suara pemilihan anggota DPR RI dan DPRD Provinsi Jawa Timur.

Surat suara itu dikirim menggunakan dua truk kontainer ke Kantor KPU Kota Pasuruan di Jalan Panglima Sudirman. Surat suara itu tersimpan rapi dan dikemas dalam boks. Dua jenis surat suara itu masing-masing dikemas dalam 301 boks. Setiap boks terdiri dari 500 lembar surat suara.

Kemudian, seluruhnya diletakkan di gudang penyimpanan logistik di belakang kantor KPU. “Proses pendistribusiannya memang bertahap. Surat suara yang kami terima saat ini hanya 2 jenis surat suara. Surat suara DPR RI dan DPRD Provinsi,” ujar Ketua KPU Kota Pasuruan, Fuad Fatoni.

Pada Pemilu 2019, akan disediakan lima jenis surat suara. Selain dua jenis surat suara yang telah diterima KPU, juga ada surat suara pemilihan presiden, pemilihan anggota DPR RI, dan pemilihan anggota DPRD Kota Pasuruan.

Sejauh ini, kata Fuad, pihaknya belum menerima informasi lebih lanjut mengenai pendistribusian tiga jenis surat suara lainnya. Sembari menunggu pendistribusian tahap kedua, KPU mengecek ratusan ribu surat suara yang telah diterima.

“Kami periksa satu per satu untuk memastikan jumlah surat suaranya sesuai yang dibutuhkan. Termasuk memeriksa apa ada yang rusak,” ujarnya. Fuad mengatakan, kebutuhan surat suara di Kota Pasuruan mengacu pada jumlah DPT. Yaitu, sebanyak 147.500 pemilih. Ditambahkan 2,5 persen dari jumlah pemilih di setiap TPS.

Ketua Bawaslu Kota Pasuruan Moh. Anas mengatakan, pihaknya akan turut mengawasi pendistribusian surat suara itu. Selain memastikan kondisi tempat penyimpanan yang aman, Bawaslu juga memastikan kesesuaian surat suara. “Selain aspek keamanan, kami juga mengawasi kesesuaian surat suara dengan DCT, DPT hingga progres penyortiran yang dilakukan KPU,” ujarnya. (tom/rud)