Longsor di Sumber Terjang Balai Desa dan Dapur Warga

SUMBER – Hujan deras yang turun di wilayah Kecamatan Sumber, mengakibatkan terjadinya bencana longsor di Desa Wonokerso, Sabtu (16/2). Akibatnya, dinding bangunan balai Desa Wonokerso pun jebol dihantam material tebing yang longsor. Selain itu, dapur rumah salah satu warga juga rusak.

Sudir Supriyadi, warga Desa Wonokerso mengatakan, bencana longsor itu bermula ketika hujan deras yang turun sejak pukul 14.00. Hujan yang berlangsung sekitar 2 jam itu, disertai angin kencang. Sekitar pukul 15.00, tebing yang ada di atas balai desa longsor. Beruntung, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

“Awalnya hujan dengan intensitas sangat tinggi. Hujan juga disertai angin kencang,” katanya. Sudir yang merupakan relawan BPBD itu mengatakan, akibat bencana longsor itu, bangunan balai desa jebol. Dinding ruang PKK desa setempat jebol dihantam tanah longsor dari tebing ketinggian sekitar 15 meter.

Selain itu, dapur rumah Julik, 40, warga setempat, juga rusak berat tertimbun longsor. “Tidak ada korban jiwa. Cuma balai desa dan dapur rumah warga rusak tertimbun longsor,” ungkapnya.

Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi mengatakan, pihaknya sudah memonitoring kejadian tersebut. Dimana, relawan BPBD telah berada di lokasi untuk memeriksa dampak longsor. Namun, karena kondisi sudah malam dan rawan longsor susulan, pembersihan material longsor baru dilakukan Minggu (17/2).

“Besok (Minggu, 17/2, Red) akan dilakukan assessment secara lebih rinci. Terkait apakah akan berpotensi longsor susulan, atau perlu pengamanan lokasi,” terangnya pada media ini melalui sambungan telepon. (mas/rf)