Pemkab Probolinggo Deklarasikan Kecamatan Layak Anak

PROBOLINGGO – Pemkab Probolinggo terus berbenah menuju Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat madya 2019. Dalam 2 tahun terakhir, Kabupaten Probolinggo telah meraih predikat KLA tingkat pratama. Yakni pada 2017 dan 2018 kemarin.

Guna mewujudkan Kabupaten Probolinggo sebagai KLA, pada tahun ini 20 kecamatan di Kabupaten mendeklarasikan Kecamatan Layak Anak. Usai deklarasi, kecamatan masing-masing akan membentuk gugus tugas kecamatan layak anak dan forum anak kecamatan.

“Sehingga, pendapat anak untuk mendukung pembangunan dalam rangka pemenuhan hak anak di Kabupaten Probolinggo, dari kecamatan hingga desa bisa tersalurkan. Juga terbentuknya wadah koordinasi, penyampaian informasi bagi anak. Serta, mendorong terbentuknya forum anak desa di masing-masing kecamatan,” kata Wabup Timbul.

Kepala Dinas PPKB Kabupaten Probolinggo, dr. Shodiq Tjahjono mengatakan, kegiatan temu bocah dan remaja yang dihadiri sekitar 1.000 pelajar itu, merupakan salah satu pembinaan. Termasuk untuk menjalin hubungan dengan anak-anak Kabupaten Probolinggo.

Tujuannya, mereka dapat berpartisipasi untuk mengembangkan program program pemerintah. Utamanya, pendewasaan usia perkawinan untuk pencapaian kecamatan layak anak se-Kabupaten Probolinggo.

“Juga dalam rangka persiapan evaluasi kabupaten layak anak (KLA) dari kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak RI pada tahun 2019 ini. Tahun 2017 dan 2018, kita telah mendapatkan penghargaan KLA tingkat pratama. Tahun ini, kita berharap meningkat menuju madya,” harapnya. (uno/rf)