Ria Ricis Bikin Heboh Pelajar di Kabupaten Probolinggo

KRAKSAAN – Artis YouTube dengan 10 juta subscribers , Ria Ricis, benar-benar membuat pelajar di Kabupaten Probolinggo heboh. Terutama saat sesi foto, dimana mereka berebut untuk berswafoto dengan adik penulis dan artis Oki Setiana Dewi ini. Alhasil, suasana di Gedung Islamic Centre (GIC), Sabtu (16/2), benar-benar “pecah”.

Pemilik nama asli Ria Yunita itu, menjadi bintang tamu dalam Talk Show Anak GENIUS (Gesit, Empati, beraNI, Unggul, Sehat) gelaran Dinas Pemberdayan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) dan Jawa Pos Radar Bromo.

Dalam talk show itu, Ria Ricis didampingi Wabup Timbul Prihanjoko. Talk Show itu dipandu 2 moderator. Yakni, Ayu Fatmawati, Duta Generasi Berencana (Genre) Jatim 2016 dan Ahmad Taihud dari Forum Anak Kabupaten Probolinggo.

“Jadi youtuber gak papa. Yang paling penting adalah isinya bermanfaat. Sebab, sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanafaat bagi orang lain. Tentunya, untuk jadi youtuber harus punya channel youtube,” kata Ria Ricis di hadapan sekitar 1.000 pelajar se-Kabupaten Probolinggo.

Perempuan kelahiran Batam, 1 Juli 1995 itu banyak memberikan motivasi. Termasuk, bijak dalam menggunakan media social. Salah satunya dalam menonton tayangan di YouTube. Sebab, jika kemajuan zaman ini dimanfaatkan untuk hal negative, justru akan merusak masa depan.

“Lihat YouTube tidak apa-apa asal disesuaikan dengan usia. Kita harus jadi penonton yang smart. Termasuk, harus cerdas menanggapi berita bohong atau hoaks. Jangan sampai, berita yang belum tentu kebenarannya, justru disebar kemana-mana. Jadilan netizen yang baik, termasuk dalam berkomentar,” katanya.

Ria Ricis juga mengajak para pelajar untuk bijak menentukan masa depan. Tidak terburu-buru untuk menikah. Sebab, akan rugi jika di usia sekolah justru menjadi ibu rumah tangga atau kepala keluarga. Sebab, dapat menghilangkan masa remaja, temasuk memikul beban di usia yang masih muda. “Selesaikan dulu sekolahnya, kuliahnya atau cita-citanya. Baru menikah. Perampuan harus kuat,” katanya.

Sementara itu, Wabup Timbul mengomentari masalah pernikahan dini dalam talk show tersebut. Menurutnya, pernikahan dini menjadi keprihatinan bersama. Banyak penyebab masalah pernikahan dini. Dia ntaranya karena paksaan, salah pergaulan, hingga kurangnya kesibukan yang dilakukan pada usia remaja.

“Jangan mau dipaksa untuk menikah dini. Sebab, kalian pasti punya cita-cita. Perbanyak kegiatan, termasuk berorganisasi. Seperti, di karang taruna, bidang olahraga, dan kesibukan positif lainnya. Namun, pada dasarnya, selain dorongan dari pemerintah, tekad untuk menghindari pernikahan dini ada pada kalian sendiri. Bukan zamannya sekarang lulus SMP menikah,” katanya.

“Banyak peluang. Kalian memiliki potensi dan bakat masing-masing. Jadilah diri sendiri, dan gali potensi itu. Ria Ricis ini contoh remaja yang berhasil memanfaatkan bakat dan potensinya, sehingga sukses,” pesannya kepada para pelajar.