Bantuan RTLH Bakal Dicairkan Serentak, Pemkot Tunggu Sosialisasi Tuntas

PASURUAN – Penyaluran bantuan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) di Kota Pasuruan dipastikan segera terealisasi. Pemkot Pasuruan kini tengah melakukan sosialisasi kepada 200 calon penerima bantuan.

“Kami sedang melakukan sosialisasi terhadap masing-masing calon penerima. Dalam sosialisasi ini kami sampaikan agar mereka bisa menabung, jadi dana bantuan bisa ditambah dengan tabungan calon penerima,” terang Kepala Dinas Sosial Kota Pasuruan Nila Wahyuni.

Sebab, dana bantuan RTLH mencapai Rp 17,5 juta setiap penerima. Ketentuannya, senilai Rp 15 juta untuk kebutuhan material, serta Rp 2,5 juta untuk honor pekerja.

Jika calon penerima bisa menyiapkan dana tabungan, maka realisasi rehab diharapkan bisa dilakukan secara maksimal. Setelah tahapan validasi dan sosialisasi rampung, maka akan dilanjutkan penyaluran.

Pihaknya pun berharap penyaluran itu bisa dilakukan secepatnya. Rencananya, penyaluran bantuan akan dilakukan serentak kepada seluruh penerima.

“Kami tentukan waktu penyalurannya bulan Juli. Jadi, calon penerima bisa menyiapkan dana tabungan sebelum rehab dilakukan,” tuturnya.

Kepala Dinas Sosial Kota Pasuruan Nila Wahyuni menjelaskan, pihaknya telah mendata calon penerima bantuan sejak tahun lalu. Hasilnya, ada 200 RTLH yang layak diusulkan menerima bantuan rehab tahun ini.

Namun, sebelum menyalurkan bantuan, pemerintah harus melakukan berbagai upaya terlebih dahulu. Di antaranya memverifikasi data calon penerima yang tersebar di 34 kelurahan tersebut. (tom/hn/fun)