Lihat Nih, Ratusan APK Menumpuk yang Diamankan Bawaslu

MAYANGAN – Ratusan alat peraga kampanye (APK) menumpuk di halaman Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Probolinggo. APK ini merupakan alat peraga yang diamankan Bawaslu selama masa kampanye.

“APK yang disita saat ini di setiap kecamatan disimpan di masing-masing Panwascam, kecuali Panwascam Mayangan. Karena, di Panwascam Mayangan tidak ada tempatnya. Tapi, nanti juga akan diserahkan ke Bawaslu Kota,” ujar Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Kota Probolinggo, Samsun Ninilaow, beberapa waktu lalu.

Samsun mengatakan, jika calon legislatif (caleg) atau partai politik ingin mengambilnya, bisa diambil di Bawaslu Kota Probolinggo. Kini, kondisinya menumpuk di kantor Bawaslu. “Jika tidak diambil oleh caleg atau parpol, tidak masalah. Kami akan menunggu sampai masa tenang untuk dilakukan pemusnahan,” ujarnya.

Masa tenang Pemilu 2019 masih akan berlangsung mulai 14-16 April 2019. Samsun mengatakan, jika ada caleg yang meminta diserahkan kepada warga, penyerahan APK itu harus dilakukan setelah Pemilu. “Kalau pemusnahan saat masa tenang. Jika diberikan kepada warga, harus menunggu setelah pelaksanaan Pemilu. Agar APK ini tidak dipasang kembali oleh warga saat pelaksanaan Pemilu,” ujarnya.

Bawaslu Kota Probolinggo sering menertibkan APK caleg yang dipasang di lokasi terlarang. Seperti, di ruas Jalan Panglima Sudirman dan Jalan Soekarno Hatta. Bawaslu juga mengamankan puluhan APK yang terpasang di fasilitas umum, seperti tiang listrik, taman kota maupun yang dipaku pada pohon. Kini, ada ratusan APK yang diamankan di kantor Bawaslu. (put/rud)