Belum Punya E-KTP, Pemilih Bisa Gunakan Suket

KANIGARAN – Warga yang memiliki hak pilih dalam Pemilu 2019, tapi belum memiliki e-KTP bisa bernapas lega. Mereka masih bisa menggunakan hak suaranya dengan berbekal surat keterangan (suket) perekaman e-KTP dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil).

“Sekarang diperbolehkan menggunakan Suket bagi pemilih. Tapi, informasi lebih lengkap lebih pas kalau ke KPU,” ujar Kepala Dispenduk Capil Kota Probolinggo Tartib Goenawan, Senin (18/2). Namun, Tartib mengaku pihaknya tetap memaksimalkan proses pencetakan e-KTP.

Hal ini dibenarkan Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri. Menurutnya, penggunaan Suket sebagai identitas pemilih diatur dalam PKPU Nomor 37/2018 tentang Perubahan atas PKPU Nomor 11/2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri dan Penyelenggaraan Pemilu. “Surat keterangan boleh digunakan sebagai identitas pemilih. Selain Suket ada juga paspor dan KK (Kartu Keluarga) juga bisa digunakan,” ujarnya.

Namun, penggunaan Suket, paspor, dan KK hanya bisa digunakan oleh pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau Daftar Pemilih Tambahan (DPTB). Bagi yang masuk Daftar Pemilih Khusus (DPK), tetap harus menggunakan e-KTP. (put/rud)