Maksimalkan Peran Poskamling untuk Cegah Tindak Kriminal

HARUS AKTIF: Suasana di Poskamling yang ada di Kelurahan Purutrejo. Untuk meminimalisir tindak kejahatan, Siskamling menjadi solusi di lingkungan. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PURWOREJO – Polres Pasuruan Kota terus berupaya meningkatkan keamanan wilayah hukumnya. Salah satunya dengan memaksimalkan kembali peran pos keamanan lingkungan (Poskamling) di masyarakat. Poskamling diharapkan menjadi solusi meminimalisir konflik yang terjadi.

Hal itu diungkapkan Kapolresta Pasuruan, AKBP Agus Sudaryatno. Menurut dia, tindak kriminal itu bisa terjadi kapanpun dan dimanapun. Bahkan, saat ini, pelaku semakin lihai dalam melakukan aksinya. Mereka pun kerap beraksi saat pagi atau siang hari.

Ia lantas mencontohkan tindak pencurian di SDN Pekuncen. Dari hasil penyelidikan, diketahui pelaku ikut mengambil DVD Closed Circuit Television (CCTV). Tindakan pelaku ini membuat pihak kepolisian sempat kesulitan karena tidak ada rekaman aksi pelaku.

Karena itu, pihaknya mendorong agar peran Poskamling di perkampungan dan perumahan untuk lebih dimaksimalkan. Diharapkan dengan adanya peran poskamling ini dapat mencegah terjadinya tindakan kriminal di masyarakat.

Selain itu, menurutnya, Poskamling ini bisa berfungsi untuk meminimalisir terjadinya konflik di masyarakat. pasalnya, di era keterbukaan informasi publik saat ini, kemungkinan adanya gesekan antara lapisan masyarakat sangat rawan terjadi.

“Apalagi, banyak oknum yang tidak bertanggung jawab kerap memanfaatkan hal ini dengan menyebarkan berita hoax di tengah masyarakat. nah, di saat seperti inilah peran poskamling menjadi sangat vital,” jelas Agus. (riz/fun)