Urai Kemacetan, Simpang Empat Wonoasih Bakal Dipasang ITCS

WONOASIH – Setelah memasang Integrated Traffic Control Systems (ITCS) di simpang empat Pilang, Kecamatan Kademangan, kini Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo berencana memasang ITCS di simpang empat Wonoasih. Anggaran pemasangan alat ini dialokasikan Rp 200 juta dalam APBD 2019.

“Rencana tahun ini akan dilakukan pemasangan ITCS di simpang empat Wonoasih. Alatnya seperti yang terpasang di Pilang. Tipe alatnya sama seperti di Pilang. Anggaran yang digunakan juga sama,” ujar Kepala Dishub Kota Probolinggo Sumadi, Senin (18/2).

Sumadi menjelaskan, simpang empat Wonoasih juga merupakan salah satu simpang yang padat arus lalu lintas. Juga dekat dengan Pasar Wonoasih yang menambah kepadatan arus lalu lintas. Sehingga, dipilih sebagai lokasi yang akan dipasangi lampu lalu lintas yang diatur melalui sensor berdasarkan kepadatan kendaraan.

Sensor dan kamera yang terintegrasi terpasang pada alat tersebut. “Anggaran 2019 terbatas, sehingga hanya dipasang satu ITCS saja. Kalau di Randu Pangger masih belum perlu pemasangan ITCS,” ujar mantan Camat Mayangan tersebut.

ITCS merupakan lampu lalu lintas yang dilengkapi sensor khusus yang bergerak berdasarkan kepadatan arus kendaraan. Dengan ITCS, kendaraan bisa bergerak melewati lampu lalu lintas tidak berdasarkan hitungan waktu, melainkan kepadatan arus lalu lintas di masing-masing jalur.

Jalan yang terpantau padat dengan antrean kendaraan, maka akan dijalankan dulu. Sehingga, membantu mengurai kemacetan. (put/rud)