Wisata Probolinggo Dikelola Pokdarwis, Diusulkan Pembangunan Sarpras

DRINGU – Destinasi wisata yang mulai banyak dikunjungi dan mulai dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) mendapat perhatian serius Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo. Sejumlah destinasi wisata itu akan menjadi prioritas usulan pembangunan sarana prasarana (sarpras) tahun depan.

Kasi Destinasi Wisata Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Musa mengatakan, pihaknya terus berupaya menggali potensi destinasi wisata yang ada. Terutama wisata yang baru dan sudah dikelola kelompok masyarakat atau desa.

Seperti wisata Pantai Tonggu, Desa Pabean, Kecamatan Dringu dan Pantai Bahak Indah, Kecamatan Tongas. “Kami miliki banyak potensi destinasi wisata di Kabupaten Probolinggo. Kami juga terus menggali informasi dan keberadaan destinasi wisata itu,” ujarnya.

Musa mengatakan, destinasi wisata yang sudah mulai berjalan dan dikelola Pokdarwis akan menjadi prioritas dan perhatian Pemkab Probolinggo. Pihaknya juga akan berupaya mengusulkan pembangunan sarpras di lokasi destinasi wisata itu.

Sebab, keberadaan destinasi wisata itu butuh dukungan dan dorongan dari Pemkab untuk bisa dikembangkan. “Kami akan prioritaskan untuk diusulkan di APBD 2020, bagi destinasi wisata yang sudah berjalan dan dikelola Pokdarwis. Karena destinasi wisata yang sudah ada itu tentu butuh pembangunan sarpras,” jelasnya.

Soal rencana usulan pembangunan yang dimaksud, Musa menjelaskan, pembangunan sarpras yang menjadi prioritas di tempat wisata akan diusulkan dalam APBD 2020. Seperti pembangunan toilet, jalan, ataupun tempat parkir.

Menurutnya, jika destinasi wisata sudah dikelola Pokdarwis, sudah bisa masuk dalam Peraturan Bupati (Perbup) dan bisa dibantu pembangunan sarpras-nya. “Jika sudah dikelola Pokdarwis dan masuk Perbup, baru bisa diusulkan bantuan pembangunan sarpras-nya,” ujarnya. (mas/rud)