Anggarkan Rp 1,4 Miliar untuk Bangun Gedung KUA Rembang

REMBANG – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan memastikan mendapat anggaran dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sebesar Rp 1,4 miliar. Anggaran itu untuk membangun gedung KUA Rembang. Gedung baru ini akan menggantikan gedung lama yang tidak representatif.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kemenag Kabupaten Pasuruan Muhammad As’adul Anam. Pria yang akrab disapa Anam itu mengatakan, kondisi gedung KUA Rembang sebelumnya tidak layak. Atap sudah banyak yang ambrol. Termasuk kondisi tembok sudah keropos sehingga membahayakan untuk dipakai.

“Kondisi bangunan lama tidak layak dan membahayakan. Karena itu tahun ini kami akan bangun ulang gedung baru,” terangnya. Karena itu, pelayanan KUA Rembang 3 tahun terakhir tidak lagi memfungsikan kantor yang lama.

Saat ini KUA Rembang menyewa sebuah rumah kontrakan di Rembang. Sebelumnya menempati Gedung MWC NU Rembang. Karena kondisi itulah, Kemenag mengusulkan agar ada anggaran untuk pembangunan gedung yang baru. Hingga akhirnya, ia mendapat kepastian dari Kemenag Pusat bahwa sudah dianggarkan Rp 1,4 miliar dari SBSN untuk pembangunan gedung baru.

“Karena gedung yang lama sudah kurang bagus, sehingga bukan direhab. Tapi, dibangun ulang agar gedung baru lebih representatif,” terangnya. Saat ini, anggaran tersebut masih tahap perencanaan. Rencananya, Maret atau April akan dilakukan lelang, dan setelah itu baru pengerjaan. (eka/rf)