Begini Penanganan Darurat Bahu Jalan yang Ambrol di Sumber-Sukapura

SUKAPURA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo berupaya cepat menangani dua titik bahu jalan yang longsor di Kecamatan Sukapura dan Sumber. Selasa (19/02), tim BPBD bersama pihak terkait melakukan langkah darurat untuk pengamanan tebing.

Di bahu jalan yang longsor di Desa Sapi Kerep, Kecamatan Sukapura, dipasang sandbag. Sementara di Desa/Kecamatan Sumber, dipasang yellow line. Cara ini diharapkan dapat mencegah longsor sampai dilakukan penanganan permanen.

”Untuk penanganan permanen, anggarannya perlu pembahasan lebih lanjut oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR),” kata Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi.

Yang jelas, menurutnya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR. Tim dari Dinas PUPR pun sudah turun ke lokasi untuk survei.

Namun, Dinas PUPR tidak bisa langsung melakukan langkah pengamanan pascasurvei. Misalnya, memperbaiki bahu jalan yang longsor. Dibutuhkan proses, terutama terkait pos anggarannya.

”PUPR perlu mendiskusikan soal pos anggarannya dan tahapannya, supaya tidak menyalahi aturan,” katanya.

Karena kondisi itu, dikatakan Anggit, pihaknya lebih dulu melakukan penanganan sementara. Yaitu, memasang sandbag di sepanjang tepi jalan Sapi Kerep, Kecamatan Sukapura yang longsor tebingnya. Tujuannya, menahan jalan tidak terbawa longsor.

Sedangkan di jalan kabupaten di Desa Sumber, dipasang pagar dan garis kuning. Tujuannya, pengguna jalan tidak melintasi bahu jalan yang sudah retak.

”Alhamdulillah, meski bersifat sementara, sudah dilakukan penanganan awal. Semoga saja, bisa dilakukan perbaikan permanen dalam waktu dekat,” terangnya.

Longsor itu sendiri terjadi setelah hujan deras turun, beberapa hari terakhir. Usai hujan, BPBD Kabupaten Probolinggo mendapati dua bahu jalan di dua desa berbeda kecamatan itu longsor.

Di Desa Sapikerep, longsor sudah menyentuh aspal jalan. Sedangkan di Desa Sumber, terjadi retakan dan bagian bawahnya sudah longsor dengan ketinggian sekitar 6 meter. (mas/hn)