Jumlah Personel Tim Saber Makam Belum Ideal, Cuma Segini

PASURUAN – Pemkot Pasuruan terus menjamin kebersihan tempat pemakaman umum (TPU) yang selama ini dikelolanya. Salah satunya dengan dibentuknya tim sapu bersih (saber) makam. Sejauh ini, jumlah personel tim saber makam sendiri masih kurang ideal.

ADA 23 ORANG: Total ada 23 petugas yang menjadi tim Saber Makam. (Istimewa)

Oleh karena itu, pemerintah terus menambah jumlah personel untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sejak dibentuk mulai tahun 2017 lalu, tim saber makam beranggotakan 17 personel. Selama dua tahun terakhir Pemkot juga terus mengevaluasi efisiensi kinerja tim tersebut.

“Idealnya memang ada lima petugas di setiap makam, sehingga kondisi makam juga bisa dipastikan tetap bersih dan terawat,” kata Kepala UPT Pemakaman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Pasuruan, Wisnu Winarsa.

Sementara, Pemkot selama ini harus mengelola lima TPU. Di antaranya yakni TPU Gadingrejo, TPU Bugul Kidul, TPU Purut I, dan TPU Purut II. Kemudian juga ditambah dengan TPU Temenggungan yang terdiri dari makam bong cina dan makam Kristen.

“Dengan jumlah petugas kami sebelumnya, memang masih kurang. Sehingga upaya pemeliharaan yang mesti dilakukan setiap harinya juga tak maksimal,” imbuh Wisnu.

Berdasarkan evaluasi itulah, pihaknya kemudian memperbanyak jumlah personel tim saber makam. Saat ini, jumlah personel tim sebanyak 23 orang. Artinya, ada tambahan enam personel. Mereka mulai ditugaskan melalui SK Kepala Dinas sejak awal tahun lalu.

Menurut Wisnu, dengan jumlah personel baru itu, pihaknya membagi tim dalam empat grup. Setiap grupnya, terdiri dari lima hingga enam orang. Setiap harinya, mereka juga diwajibkan untuk stay di lima TPU yang menjadi aset Pemkot.

“Dari lima TPU yang ada, TPU Gadingrejo terbilang cukup luas dibanding yang lainnya. Karena itu ada skala prioritas dalam pembagian jadwal kerja tim. Di TPU Gadingrejo dan Bugul Kidul, jadwal pemeliharaan setiap hari. Sedangkan di tiga lokasi lain bisa dua hingga tiga kali dalam sepekan,” ujar Wisnu. (tom/fun)