Pembangunan Polsek Panggungrejo Tak Bisa Tahun Ini

PANGGUNGREJO – Rencana pembangunan Mapolsek Panggungrejo semakin tidak jelas. Pembangunannya pun dipastikan tidak bisa terlaksana tahun ini. Kepolisian menyebut masih menunggu pelaksanaannya dari Pemkot.

Kasubbag Humas Polresta Pasuruan, AKP Endy Purwanto mengungkapkan keinginan Polresta untuk membangun Mapolsek Panggungrejo masih berlanjut. Pihaknya pun sudah menyampaikan hal ini pada Pemkot beberapa waktu lalu.

Dari hasil koordinasi ini, Polresta dijanjikan bakal diberi lahan aset milik Pemkot untuk Mapolsek Panggungrejo. Lokasinya bakal berada di sisi barat kantor kecamatan setempat di Jalan Hang Tuah, Kelurahan Trajeng, Kecamatan Panggungrejo.

Endy -sapaan akrabnya- menjelaskan selama ini penanganan keamanan dan ketertiban di wilayah Kecamatan Panggungrejo masih dapat teratasi. Tindak kriminalitas di wilayah ini ditangani oleh tiga Polsek jajaran yakni Polsek Purworejo, Polsek Gadingrejo dan Polsek Bugulkidul.

“Pembangunan Polsek Panggungrejo bukan kami yang melakukan. Kami menunggu dari Pemkot sebab lokasinya berada di lahan milik Pemkot. Sepertinya bukan tahun ini. Yang jelas sangat dibutuhkan agar penanganan keamanan dan ketertiban semakin maksimal,” jelasnya.

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPKA) Kota Pasuruan, Boedi Widayat memastikan pembangunan Mapolsek Panggungrejo tidak bisa dilaksanakan tahun ini. Pasalnya, sejauh ini Pemkot belum mendapatkan pengajuan dari Polresta.

Menurutnya, lahan yang bakal dijadikan Mapolsek Panggungrejo nantinya bakal diberikan pada Polresta Pasuruan dalam sistem hibah. Tentunya, pemberian dalam sistem hibah ini dilakukan dengan permintaan oleh Polresta terlebih dahulu.

“Sampai saat ini kami belum menerima permintaan untuk pembangunan Mapolsek Panggungrejo dari Polresta Pasuruan. Berarti, kebutuhannya masih belum mendesak. Jika memang ada pengajuan, pasti langsung kami tindaklanjuti,” pungkas Boedi. (riz/fun)