Manajemen: Persekap Pasti Ikut di Liga 3 Musim Baru

PASURUAN – Meski prestasinya dari tahun ke tahun selalu anjlok, Tim Persekap dipastikan tetap akan mengikuti perhelatan Liga 3 musim ini. Tim berjuluk The Lasser itu tidak ingin absen demi mengembalikan kejayaan tim sepak bola kebanggaan warga Kota Pasuruan.

“Kami sudah dapat surat dari PSSI Jatim. Diberitahukan agar masing-masing daerah segera mendaftarkan tim untuk Liga 3 musim ini,” ujar Sekretaris Askot PSSI Kota Pasuruan Moch Saichu, Rabu (20/2).

Ia menyebut, masa pendaftaran berakhir pada 28 Februari 2019. Jika lebih dari batas tak mendaftar, konsekuensinya Persekap harus absen sebagai tim peserta Liga 3. “Sekarang kami punya dua tim yang levelnya berada di Liga 3. Persekap dan PSPK. Tapi, rencananya yang didaftarkan nanti Persekap,” ujar Saichu.

Ada beberapa pertimbangan pihaknya memilih Persekap. Di antaranya, beban anggaran yang dikhawatirkan membengkak karena PSSI juga harus memproyeksikan anggaran untuk sektor lain.

Selain kebutuhan liga, kata Saichu, ada beberapa sektor yang tak kalah penting untuk dibiayai. Seperti, pembinaan atlet tim Pra Porprov serta kegiatan turnamen internal. “Karena itu, tidak mungkin kami daftarkan keduanya, harus pilih salah satu,” ujarnya.

Pihaknya juga akan mendaftarkan tim Persekap Jr U17 untuk mengarungi Liga Remaja. Sejauh ini, kedua tim itu memang belum memiliki agenda latihan secara resmi. Tapi, sebagian besar pemainnya kini tergabung dalam tim Pra Porprov.

Saichu mengatakan, kondisi itu cukup menguntungkan. Meski para pemain tidak berlatih menggunakan nama tim Persekap ataupun Persekap Jr, mereka tetap latihan. “Pemain tim Persekap dan Persekap Jr selama ini terdaftar di tim Pra Porprov. Dalam tim Pra Porprov itu kan ada yang eks pemain Persekap musim lalu dan eks pemain Persekap Jr,” jelasnya.

Pihaknya juga memastikan akan mendaftarkan kedua tim itu sebagai peserta untuk dua liga yang akan digelar pertengahan tahun ini. “Kami pastikan mendaftarkan kedua tim dalam pekan ini. Karena yang didaftarkan belum berbentuk ofisial dan susunan pemain, hanya pendaftaran nama-nama tim saja,” ujarnya.

Terkait dengan pembentukan ofisial tim, menurut Saichu, akan dilakukan di lain waktu. “Kalau soal ofisial tim seperti manajer dan pelatih akan ditentukan dalam rapat internal. Dilanjutkan dengan seleksi pemain dan agenda latihan,” ujarnya. (tom/rud/fun)