Pemprov Kirim 2 Alat Berat untuk Bantu Normalisasi di Andungbiru

TIRIS – Dinas Sumber Daya Air (SDA) Pemprov Jatim mengirimkan dua alat berat ke lokasi Desa Andungbiru di Tiris, Selasa lalu (19/2). Dua alat berat tersebut diharapkan bisa membantu penanganan lebih lanjut pasca bencana banjir bandang yang terjadi akhir tahun kemarin. Salah satunya untuk normalisasi sungai di Tiris.

SUDAH DIGUNAKAN: Sejak Rabu (20/2) alat tersebut sudah mulai menormalisasi sungai di lokasi eks banjir bandang. (BPBD for Jawa Pos Radar Bromo)

Hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolingo, Anggit Hermanuadi. Saat dikonfirmasi, Anggit mengatakan, Bakorwil V Jember, telah memfasilitasi komunikasi Pemda dengan Pemprov Jatim sebagai tindak lanjut hasil rapat koordinasi di kantor Kecamatan Tiris bulan lalu. Hasilnya, saat itu disepakati bersama untuk melakukan normalisasi sungai yang menjadi titik banjir bandang

Hasilnya, dikatakan Anggit, Dinas SDA Jatim siap mengirim dua alat berat untuk proses normalisasi sungai. Sesuai permintaan warga, perlu adanya normalisasi sungai di sepanjang wilayah Tiris tersebut. Supaya, mencegah dan mengantisipasi adanya banjir dari dataran tinggi.

Alhamdulillah, alat berat sudah tiba ke lokasi di Tiris. Proses normalisasi sungai sudah mulai dilakukan tadi (Rabu, 20/2, Red),” terangnya.

Anggit menjelaskan, sesuai dalam rapat, normalisasi sungai akan dilakukan di tiga titik dalam desa Andungbiru. Masing-masing titik berkisar sepanjang 200 meter. Normalisasi sungai itu dipusatkan di titik sungai yang dekat dengan permukiman dan rawan saat tidak dilakukan normalisasi. “Normalisasi sungai itu mulai dari pembenahan jalan arus sungai sampai pembangunan plengsengannya,” ujarnya. (mas/fun)