Sopir Truk yang Serempet Ibu-Anak Lalu Tabrak Rumah di Mangkrengan Jadi Tersangka

GRATI – Sopir dump truck Khoirul Islam, 45, harus menyandang status tersangka karena kelalaiannya mengemudi. Satlantas Polres Pasuruan Kota menetapkannya sebagai tersangka karena menyerempet pengendara motor, ibu dan anak.

JADI PENYEBAB: Dump truck yang dikemudikan Khoirul Islam usai kecelakaan, Selasa (19/2) lalu. (Fahrizal Firmani/Jawa Pos Radar Bromo)

Kanitlaka Satlantas Polres Pasuruan Kota Iptu Ahmad Jayadi mengatakan, pihaknya terus mendalami kecelakaan yang menyebabkan ibu dan anak itu terluka. Pihaknya juga sudah memeriksa sejumlah saksi. Termasuk, Endang Suprapti yang rumahnya hancur diterjang truk yang dikemudikan Khoirul.

Jayadi mengaku juga sudah memeriksa Khoirul. Dari hasil penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara (TKP), diduga kecelakaan itu murni karena human error. Karena itu, Khoirul ditetapkan sebagai tersangka. “Dugaan sementara pengemudi truk (Khoirul) mengantuk, makanya usai menyalip kendaraan tidak dikenal, tiba-tiba truknya berbelok ke jalur kanan,” ujarnya.

Truk yang dikemudikan warga Desa Pejarakan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, itu terus melaju. Yang sebelumnya mengarah ke timur, berbelok ke kanan dan berhenti setelah menabrak rumah milik Endang. “Truk itu kemudian menyerempat pengendara motor dan menabrak bangunan milik Endang Suprapti,” ujar Jayadi.

Diketahui, Selasa (19/2) lalu, Siti Fatimah, 42, hendak mengantarkan putrinya, Lailatul Karomah, 18, ke sekolahnya di SMKN Grati, Kabupaten Pasuruan. Warga Desa Sedarum, Kecamatan Nguling, Kabupetan Pasuruan, itu berangkat mengendarai sepeda motor.

Nahas, sesampai di Jalan Raya Mangkrengan, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, ibu dan anak ini terserempet dump truck yang dikemudian Khoirul. Akibatnya, pergelangan tangan kiri Lailatul Karomah patah. Sedangkan, Siti Fatimah mengalami luka pada kaki kiri. Begitu juga dengan Khoirul. Jari kaki kanannya juga terluka. Selain itu, rumah, gudang, dan kolam lele berukuran 10 meter kali 7 meter milik Endang Suprapti, hancur. (riz/rud/fun)