Terperosok Jalan Berlubang, Tronton Muatan Kayu Terguling Pandaan

PANDAAN – Kendaraan roda empat yang melintas di jalan kabupaten jalur Pandaan–Beji, tepatnya di Dusun Wangi, Desa Sumberejo, Kecamatan Pandaan, Kamis (21/2) terpaksa harus bergantian. Ini diakibatkan adanya tronton muatan kayu terguling di ruas jalan kabupaten tersebut.

Informasinya, insiden itu terjadi sekitar pukul 08.00. Pagi itu tronton nopol DK 9589 SI berjalan dari arah utara ke selatan muatan kayu lembaran seberat 20 ton. Tronton dikendarai Jayadi, 51, warga jalan Tukad Buana IV, Denpasar.

Sesampainya di TKP, roda belakang sebelah kiri belakang terperosok jalan berlubang. Lubang itu tak tak dapat dihindari sopir. Seketika itu juga tronton oleng ke kiri dan terguling di lokasi kejadian.

“Lubang jalannya cukup lebar dan lumayan dalam, tapi tergenang air. Saya pikir aman untuk dilewati, ternyata malah oleng dan terguling,” kata Jayadi, ditemui koran ini di TKP.

Pagi itu tronton ini perjalanan dari Bali, hendak kirim ke pabrik kayu di Desa Baujeng, Kecamatan Beji via Gununggangsir. Ditengah perjalanan, Jayadi memutar di Pandaan.

Beruntung saat kejadian sepi kendaraan melintas, sehingga tak sampai menimpa kendaraan lain disampingnya. Kecelakaan juga tak mengakibatkan korban, karena sopirnya selamat dan langsung keluar dari ruang kemudi.

Hingga berita ini ditulis, proses evakuasi tronton belum tuntas. Karena muatannya berupa lembaran kayu harus dipindahkan ke truk lainnya.

“Tergulingnya tronton ini adalah laka lantas tunggal, disebabkan bukan faktor sopir ataupun teknis. Tapi buruknya kondisi jalan yang ada di TKP,” tegas Kanit Lantas Polsek Pandaan Iptu Supriyanto. (zal/fun)