Legislatif Inisiasi Raperda Kepemudaan, Ini Fungsinya

BANGIL – Banyak pelanggaran norma hingga hukum yang dilakukan kalangan muda, menjadi perhatian legislatif. Agar ekspresi pemuda lebih terarah, dewan pun menginisiasi raperda kepemudaan.

Ketua Pansus Raperda Kepemudaan, Rohani Siswanto mengungkapkan, masa muda merupakan masa di mana mereka bisa meluapkan ekpresinya. Pihaknya menginginkan, agar para pemuda di Kabupaten Pasuruan bisa berkespresi secara terarah.

Tidak ke hal-hal negatif seperti penggunaan narkoba, geng motor ataupun hal-hal yang kurang baik lainnya. “Kami ingin mengoptimalkan kiprah pemuda,” kata Rohani.

Ia memandang, kenakalan para pemuda cenderung dipengaruhi ekspresi yang kurang terwadahi. Karenanya, perlu ada ruang ekpresi selebar-lebarnya, agar mereka bisa berkiprah dalam hal-hal yang positif.

“Untuk mewujudkannya, mereka kan juga perlu sokongan dana. Nah dengan adanya perda inilah, diharapkan nantinya ada regulasi yang mengatur itu semua,” sambung dia.

Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Kabupaten Pasuruan, Heru Budi Sulistyo berujar, banyak organisasi-organisasi kepemudaan di Kabupaten Pasuruan. Hanya memang, tidak semuanya aktif. Bahkan beberapa diantaranya, cenderung mati suri.

“Nah, dengan raperda ini, diharapkan nantinya bisa menggeliatkan organisasi kepemudaan di Kabupaten Pasuruan,” pungkasnya. (one/fun)