Pelipatan Lima Surat Suara Pemilu Harus Selesai Akhir Maret

MAYANGAN-Sejak Senin (18/2) KPU Kota Probolinggo telah melipat surat suara. Sementara, surat suara yang dilipat ini ada dua jenis. Yaitu, surat suara DPR RI dan DPRD Jatim.

“Mulai Senin dilakukan proses melipat surat suara. Proses ini diperkirakan selesai dalam waktu 10 hari,” ujar Ahmad Hudri, ketua KPU Kota Probolinggo, Kamis (21/2).

MANUAL: Proses pelipatan suara untuk pemilihan umum DPR RI dan DPRD Jatim di Kota Probolinggo. (Zainal Arifin/ Radar Bromo)

Untuk proses melipat surat suara, KPU melibatkan pihak ketiga. Selain itu, juga ada pengawas yang akan memantau proses melipat surat suara. Antara lain dari KPU, Bawaslu, maupun dari kepolisian. “Sedangkan proses melipat surat suara untuk lima surat suara, batas waktunya sampai akhir Maret 2019,” jelasnya.

Surat suara DPR RI dan DPRD Jatim masing-masing berjumlah 171.396 surat suara. Dua jenis surat suara ini datang sejak Rabu (13/2).  Selain bertugas melipat surat suara, petugas yang dikerahkan pihak ketiga ini juga mengecek kondisi surat suara. Surat suara yang rusak harus dipisahkan.

“Surat suara yang robek, warnanya pudar, terutama pada bagian-bagian seperti logo parpol itu harus disortir,” ujarnya.

Kini, ada tiga jenis surat suara lain yang belum datang, Hudri memastikan, tiga jenis surat suara yang lain akan datang bertahap dari percetakan.

“Hari ini rencananya datang dua surat suara lagi. Yaitu, surat suara Pilpres dan DPD,” ujarnya. (put/hn)