Waspadai Hujan dan Kecepatan Angin saat Melaut

MAYANGAN- Tiga hari mendatang cuaca di perairan Jawa diprediksi landai. Kapal nelayan yang hendak berlayar masih tergolong aman. Namun bagi kapal kecil diimbau untuk berhati hati. Mengingat cuaca di sekitar pantai tak berubah ubah. Sehingga yang perlu diwaspadai yakni hujan dan kecepatan angin.

Hal itu disampaikan Kasubdit Sarpras Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kementerian Perhubungan RI F. Zulistian, pada saat hadir di Pelabuhan Tanjung Tembaga untuk memeringati Hari Jadi Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai ke-31 tahun 2019 di Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kamis (21/2) pagi.

Menurutnya, terkait dengan aspek keselamatan, ia meminta kepada UPT daaerah untuk selalu mengingatkan pengguna jasa untuk memperhatikan kondisi cuaca yang ada. “Aspek keselamatan sangat penting. Pengguna jasa harus terus melihat hasil pantauan dari UPT daerah dalam hal ini KSOP,” singkatnya.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) IV Probolinggo Capt Subuh Fakkurochman menambahkan, dalam tiga hari kedepan cuaca lumayan bersahabat. Sehingga bagi kapal kapal besar tidak ada masalah. Namun bagi kapal kecil diimbau untuk waspada. Pasalnya perubahan cuaca di bibir pantai cukup berpengaruh. Salahsa tunya yakni hujan dan angin.

“Saat ini kondisi aman. Untuk kapal kecil kami imbau untuk waspada. Jika cuaca tidak mendukung, maka segera menepi saja,” bebernya.

Selain itu untuk keselamatan bagi kapal kecil atau dibawah GT 7, terutama untuk kapal penyeberangan ke Gili diharapakan selalu memakai life jacket. Hal itu ditujukan untuk keselamatan bersama. “Merubah kebiasaan memang tidak mudah. Oleh sebab itu kami tidak berhenti untuk selalu mengingatkan agar para kapal menggunakan life jacket,” pungkasnya. (rpd/fun)