CPNS di Kota Pasuruan Tunggu Penetapan dari BKN

PANGGUNGREJO – Sebanyak 238 pendaftar yang dinyatakan lulus dalam seleksi CPNS 2018 lalu sepertinya harus bersabar untuk segera menjadi PNS di Pemkot Pasuruan. Pasalnya, Pemkot menyebut penetapan sebagai CPNS masih menunggu penetapan resmi dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pasuruan, Muhammad Fakih mengungkapkan tahapan seleksi CPNS 2018 sudah rampung dilakukan. Dari kuota 256 pegawai yang dimiliki oleh Pemkot, 238 pendaftar telah dinyatakan lulus tahap seleksi.

Namun, sejauh ini, 238 pendaftar yang sudah dinyatakan lulus itu belum ditetapkan sebagai CPNS. Saat ini, pihaknya masih melakukan proses pemberkasan. Ini meliputi kelengkapan data ratusan pendaftar yang lulus tersebut. diantaranya klarifikasi biodata dan ijazah mereka.

“Mereka belum menjadi CPNS. Kami masih memasukkan data pada sistem administrasi pelayanan kepegaian (SAPK). Ini sudah kami lakukan sejak Januari. Insya Allah Maret sudah rampung,” jelasnya.

Fakih menyebut jika proses pemberkasan dan tahapan entry data dalam SAPK rampung, maka ini akan ditindaklanjuti oleh BKN. Usai dilakukan pengecekan dan kelengkapan administrasi oleh pusat, maka mereka bakal mendapat nomor induk pegawai (NIP).

Kendati demikian, 238 pendaftar yang dinyatakan sudah lulus ini, masih belum berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Selama setahun, mereka masih berstatus sebagai CPNS dahulu sebagai tahapan dari pra jabatan.

“Begitu mendapatkan NIP dari pusat, maka mereka akan menjadi CPNS. Usai satu tahun, otomatis 238 orang ini langsung menjadi PNS di Pemkot Pasuruan,” pungkas Fakih. (riz/fun)