Kebut Perbaikan Tebing di Ruas Tol Gempol-Pandaan yang Rawan Ambrol

GEMPOL – Tebing di tol Gempol-Pandaan yang rawan ambrol terus dibenahi. Diantaranya yang berada di lokasi di Desa Randupitu, Kecamatan Gempol. Disana, chasing borpile penahan tebing yang mengalami retakan di sisi sebelah timur samping bahu jalan, diperbaiki tanpa memakai alat berat.

Seperti yang terpantau Jawa Pos radar Bromo Jumat pagi (22/2). Saat melintas disana, pekerja nampak membenahi tebing yang disebut masih rawan jebol tersebut.

“Pekerjaan perbaikan fisiknya sedang dikebut, dan sejauh ini masih dalam proses,” beber Sumantri, manager Lalin dan Pengamanan Aset PT Jasamarga Pandaan Tol.

Lebih lanjut ia katakan, chasing borpile tersebut sejatinya mengelupas. Dari kejauhan terlihat jebol. Kemudian fungsinya bukan sebagai penahan utama tebing, tapi hanya penutup kontruksi borpile saja. Agar terlihat rapi dan bagus dari luar.

“Lebih tepatnya retak dan akhirnya mengelupas, sehingga jadi terbuka dan seperti jebol. Tentunya masih aman,” ungkapnya.

Disinggung kerusakan chasing borpile tersebut, sudah berlangsung sekitar tiga bulan terakhir. Sifatnya lokal dan disatu titik saja, lebarnya sekitar tiga meter dan tingginya hanya dua meter. “Proses perbaikannya ditempuh dengan cara manual tanpa menggunakan alat berat. Pastinya ditaget secepatnya selesai,” tukasnya. (zal/fun)