KPU Baru Rampungkan Surat Suara DPRD Jatim

PASURUAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara yang didistribusikan dalam ratusan boks. Untuk mempercepat pekerjaan, KPU melibatkan puluhan tenaga. Dari dua jenis surat suara yang diterima, KPU telah merampungkan separo dari pekerjaan tersebut.

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara itu sendiri dilakukan di gudang logistik Kantor KPU di Jalan Panglima Sudirman. Sedikitnya ada 38 pekerja yang dikerahkan. Mereka pun dibagi sesuai tugasnya masing-masing.

“Ada yang menyortir apabila ada kerusakan surat suara, namun sebagian besar mereka fokus untuk pelipatan agar lebih selesai,” kata Ketua KPU Kota Pasuruan, Fuad Fatoni.

Diketahui, dua jenis surat suara yang diterima KPU yakni surat suara pemilihan anggota DPR RI dan DPRD Jawa Timur. Selama lima hari terakhir, KPU telah merampungkan pelipatan surat suara pemilihan anggota DPRD Jawa Timur.

Menurut Fuad, pihaknya memang melakukan pekerjaan itu secara bertahap. Ia memperkirakan penyortiran dan pelipatan surat suara pemilihan anggota DPR RI bisa rampung selama lima hari kedepan. Hal itu mengacu pada waktu yang dibutuhkan pekerja untuk menyelesaikan pekerjaan sebelumnya.

Setelah dilipat, surat suara dimasukkan dalam kotak suara untuk masing-masing TPS. “Kalau jumlah surat suaranya, kami masih mengacu pada data awal sebagaimana yang kami terima. Yakni 301 boks, masing-masing boks terdiri dari 500 lembar,” katanya.

Sementara kebutuhan surat suara di Kota Pasuruan saat ini sebanyak 147.500. Hal itu juga merujuk pada data pemilih yang telah ditetapkan. Kemudian ditambah dengan 2 persen di setiap TPS yang ada. jumlah TPS sendiri saat ini sebanyak 621.

Selanjutnya, KPU akan memastikan kesesuaian jumlah surat suara dengan kebutuhan selama pelaksanaan Pemilu nanti. Termasuk juga mencatat apabila ada surat suara yang rusak atau cacat sehingga tak bisa digunakan.

“Jika memang ada kekurangan ataupun surat suara yang rusak, segera kami sampaikan ke provinsi,” pungkasnya. (tom/fun)