KPU Kota Probolinggo Tambah 2 TPS di Lapas

MAYANGAN – KPU Kota Probolinggo menetapkan penambahan TPS di Kota Probolinggo. Penambahan TPS dilakukan di Lapas IIB Kota Probolinggo sebanyak 2 TPS.

Hal ini diungkapkan Djoko Wahyudi, komisioner Divisi Data, KPU Kota Probolinggo. “Ada penambahan TPS untuk di Lapas. Namun, TPS ini adalah TPS nonregular,” ujarnya.

Total TPS di Kota Probolinggo ada 607 TPS. Dengan rincian 605 TPS reguler dan 2 TPS nonregular di Lapas II B.

Djoko menjelaskan, di TPS nonregular ada 2. Yaitu, TPS 53 dan TPS 54. Data pemilih untuk TPS 53 ini terdiri atas 19 pemilih yang berasal dari Dapil 3 atau Dapil Mayangan.

“Sebanyak 19 pemilih ini akan mendapatkan surat suara lengkap. Mulai Pilpres, DPD, DPR RI, DPRD Jatim, dan DPRD Kota Probolinggo,” ujarnya.

Sedangkan data pemilih TPS 54 terdiri atas 47 warga Kota Probolinggo yang berdomisi di Dapil 1 dan 2. Sebanyak 47 orang ini hanya akan mendapatkan 4 surat suara. Yaitu, Pilpres, DPD, DPR RI, dan DPRD Jatim.

Saat ini total ada 635 warga binaan Lapas IIB Kota Probolinggo. Ada 53 warga binaan yang bisa mengikuti pemilihan dengan menggunakan e-KTP.

“Saat ini ada 516 warga binaan yang masih diproses pengurusan A5 atau pindah pilih oleh Lapas. Sehingga, mereka juga bisa mengikuti pemilu meskipun ada di lapas,” jelasnya. (put/hn)